Martin, M.Pd

Kepala SMA Negeri 1 Gunung Talang, Kab. Solok Sumatera Barat. Lahir di Selayo tanggal 30 September 1972. Pendidikan SD 2 Selayo, SMPN 1 Kubung 1988, SMAN 1 Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tiananmen Square

Tiananmen Square

( #TantanganGurusiana hari ke-79#)

Setelah semalam menginap di Tianjin Victoria International Hotel, North Gate 798 Art Zone, Caihong Road, Jiuxianqio rombongan studi komparatif MKKS SMA Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 25 orang pada tanggal 27 Oktober 2018 jam 8.00 waktu setempat melanjutkan perjalanan menuju kota Beijing. Perjalanan ke Beijing dari Tianjin menggunakan Bus lebih kurang 2 jam. Di Beijing rombongan yang didampingi local guide mengunjungi destinasi wisata diantaranya Wangfujing street, Natural latex store, Joyungguan great wall, Olympic stadium, dan Tiannamen Square.

Lapangan Tiananmen adalah lapangan yang berada di pusat kota Beijing, Tiongkok. Lapangan ini merupakan lapangan yang terluas di dunia saat ini. Lapangan Tiananmen terletak di luar pintu selatan Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing, mendapat namanya karena pintu selatan istana bernama Tianan Menwai. Dongcheng, Tiongkok. Luasnya 440.000 meter persegi (44 ha).

Di sebelah utara lapangan ini ada tiang bendera dimana setiap harinya diadakan upacara penaikan dan penurunan bendera oleh tentara kehormatan. Di lapangan ini tidak boleh ada papan dan poster reklame, bahkan bus dan kendaraan yang melintasi jalan di depan lapangan juga tidak diperbolehkan memiliki reklame di badan bus maupun kendaraan. Hati-hati bagi pengunjung yang ingin berfoto dengan menggunakan spanduk, karena tentara yang ada di sekitar lapangan menganggap kita akan mengadakan unjuk rasa.

Memasuki area Tiananmen Square tidaklah mudah karena kita dilarang masuk dengan rombongan besar. Meskipun lapangan Tiananmen adalah area terbuka, pengamanannya ternyata cukup ketat. Pengunjung harus melewati detektor logam dan tak jarang barang bawaan kita juga perlu digeledah. Tiananmen Square sebenarnya adalah alun-alun yang terletak di tengah kota Beijing, persis berhadapan dengan Forbidden City. Konon khabarnya nama Tiananmen sendiri diambil dari nama gerbang masuk yang ada di Forbidden City (Kota Terlarang) yang memiliki arti The Gate of Heavenly Peace (gerbang kedamaian surgawi). Gerbang tersebut terletak di sebelah utara Lapangan Tiananmen. Dan pertama kali dibuat pada masa Dinasti Ming.

Letak lapangan Tiananmen tepat berada di sisi selatan Kota Terlarang. Selain kompleks Kota Terlarang yang berarsitektur tradisional Tiongkok, bangunan di sekeliling lapangan Tiananmen didominasi oleh gedung-gedung besar bergaya Soviet. Di sisi barat ada Great Hall of The People, dan di sisi timurnya berdiri bangunan National Museum yang megah. Objek lain yang tak kalah menariknya adalah Monument to The People's Heroes yang berdiri tepat di tengah lapangan Tiananmen.

Tiananmen telah menjadi salah satu simbol terpenting Tiongkok sampai sekarang. Tembok gerbang tersebut memiliki panjang 66 meter, lebar 37 meter, dan tinggi 32 meter. Di atasnya ada atap dengan desain tradisional Tiongkok. Di depan gerbang tersebut ada empat patung singa, dua patung persis di depan gerbang dan dua lainnya di jembatan sebelum gerbang, yang dalam budaya tionghoa diyakini dapat menangkal roh jahat.

Dua plakat raksasa digantung di masing-masing sisi gerbang: plakat kiri tertulis "Panjang Umur Republik Rakyat Tiongkok, sementara plakat kanan tertulis "Panjang Umur Persatuan Rakyat Dunia". Pada tahun 1964, karakter Hanzi Tradisional yang digunakan di plakat diganti menjadi karakter Hanzi Sederhana. Di antara kedua plakat, tergantung foto pendiri RRT Mao Zedong yang selalu diganti setiap tahunnya. Selain foto Mao Zedong, tokoh lain juga pernah digantungkan fotonya di Tiananmen, seperti Sun Yat-sen dan Chiang Khai-shek pada era Republik Tiongkok, Zhu De yang fotonya pernah disandingkan dengan foto Mao untuk beberapa waktu, dan Josep Stalin saat kematiannya pada tahun 1953.

Luas Tiananmen Square yang mencapai 440.000 meter persegi menjadikannya sebagai alun-alun terbesar di dunia. Lapangan ini terletak pada koordinat 116°23′17″BT dan 39°54′27″LU. Dengan panjang 800 meter dari utara ke selatan serta lebar 500 meter dari barat ke timur, lapangan ini terletak di luar pintu selatan Istana Kuno Dinasti Ming dan Qing. Di sebelah selatan lapangan ini, ada dibangun sebuah bangunan yang merupakan Mausoleum Ketua Mao. Di dalam bangunan ini, jenazah Ketua Mao Zedong yang diawetkan di dalam kotak kaca ditempatkan.

Area Tiananmen Square dijaga ketat oleh ribuan tentara Tiongkok dan bahkan para sniperpun disiapkan untuk mengantisipasi kerusuhan. Peristiwa penting bersejarah yang terjadi di lapangan tiananmen adalah Demonstrasi Tiananmen yang kemudian berakhir dengan peristiwa berdarah tragedi pembantaian demonstran di lapangan itu pada dini hari tanggal 3-4 Juni 1989. Banyak orang pastinya belum lupa mengenai insiden tersebut. Tapi jangan berharap bisa melihat monumen yang mengenang peristiwa tersebut.

Nah, itulah perjalanan kami di Tiananmen Square dan dilanjutkan menuju Wangfujing street.

Kalau ada saran dan usulan silakan ditulis pada kolom komentar.

Solok, 2 April 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Masyaallah, barakallah kisah perjalanannya ke Tiongkok, Pak. Jadi punya gambaran tentang Tiananmen Square yang bersejarah itu. Semoga saja berikutnya Bapak akan berbagi pengalaman tentang Wangfujing street.

02 Apr
Balas

alhamdulillah, terima kasih buk. Insya Allah.

03 Apr

Mantap Tiananmen square itu terbayang mau ke sana.

03 Apr
Balas

Semoga Buk. Insya Allah.

03 Apr



search

New Post