Martin, M.Pd

Kepala SMA Negeri 1 Gunung Talang, Kab. Solok Sumatera Barat. Lahir di Selayo tanggal 30 September 1972. Pendidikan SD 2 Selayo, SMPN 1 Kubung 1988, SMAN 1 Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penegak Bantara Angkatan Corona

Penegak Bantara Angkatan Corona

#TantanganGurusiana hari ke-140#)

 

Pelantikan Pramuka Penegak Bantara tahun pelajaran 2019/2020 ini kayaknya terhalang oleh wabah Covid 2019. Bagi yang sudah melaksanakan pada bulan Desember 2019 atau Februari 2020, cukup plong sekali. Bagaimana dengan sekolah yang belum melaksanakannya, ini akan menjadi dilema. Akankah ada pelantikan Pramuka Penegak Bantara angkatan Corona?.

Pelantikan Bantara merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh seorang Pramuka Penggalang untuk dapat menjadi Pramuka Penegak. Setiap tahunnya kegiatan ini akan di laksanakan setelah penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) yang di ujikan kepada kelas 10 yang baru.

Kemah Pelantikan Pramuka Penegak Bantara sendiri merupakan sebuah perkemahan yang dimaksudkan untuk menyelesaikan uji SKU Penegak Bantara sekaligus melakukan pelantikan. Penyelesaian SKU sendiri biasanya dapat dilakukan di pangkalan masing-masing dan sisanya dapat diselesaikan di perkemahan. Di samping kedua kegiatan tersebut, dalam jadwal perkemahan pelantikan Penegak bantara perlu dimasukkan berbagai kegiatan lainnya sehingga menarik dan menantang bagi peserta didik.

Kegiatan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara merupakan prosesi pelantikan dan pengukuhan seorang Pramuka yang telah menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 poin yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Prosesi pelantikan biasanya berlangsung sangat sakral dan khidmat. Ditandai dengan peserta yang hadir dalam upacara tersebut terlihat berlinang air mata. Mengingat seluruh tahap-tahap pencapaian bantara yang telah dilakukan. Pelantikan tersebut biasanya diawali dengan pembacaan surat keputusan hasil sidang, sesi tanya jawab, pengucapan Trisatya dan diakhiri dengan pemasangan TKU Bantara.

Tahun lalu kami melaksanakan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara di liburan semester 2. Pelantikan dilaksanakan di alam terbuka dan tempat wisata Lembah Harau. Akankah tahun ini tidak ada pelantikan Pramuka Penegak Bantara di sekolah kami?. Ah, rasanya sangat rugi kalau tidak bisa dilaksanakan. Semoga wabah corona cepat berlalu, dan pelantikan bisa dilakukan.

 

#Menuju Piagam Gurusianer 365#

Kalau ada saran dan usulan silakan ditulis pada kolom komentar.

Solok, 2 Juni 2020

10 Syawal 1441 H

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Jaga jarak fisik dan pakai masker jika terpaksa keluar rumah pak.Sukses selalu. Terimakasih telah berkunjung ke sriyonospd.gurusiana.id

03 Jun
Balas

yop, pak dhe. sama2 pak blangkon. terima kasih juga.

03 Jun

Mantul Pak, sukses terus

03 Jun
Balas

Amiin. Makasih buk.

03 Jun

Salam pramuka pak!

03 Jun
Balas

salam pramuka juga pak.

03 Jun

Karen salam pramuka

03 Jun
Balas

Salam pramuka juga buk. Terima kasih.

03 Jun

Mantap.... aamiin yra

03 Jun
Balas

Terima kasih buk.

03 Jun

Perhatikan protokol kesehatan pak Martin....salam Pramuka

03 Jun
Balas

Jadih buk.

03 Jun

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Terima kasih buk.

03 Jun

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal juga dan salam pramuka.

03 Jun

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Salam kenal dan salam litetasi

03 Jun
Balas

Mantap. Tetap semangat

03 Jun
Balas

terima kasih kanda.

03 Jun



search

New Post